ok

06/01/11

Mari berkenalan dengan Cloud Computing

Mari berkenalan dengan Cloud Computing




 Sebenarnya saya bukanlah ahli di dalam Cloud computing.Saya hanya membaca dari berbagai referensi dan mempraktekannya.Jadi kalo ada yang salah silakan comment dan dan meluruskan.

 Ok kita mulai dari pengertian Virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik, misalnya sistem operasi, perangkat storage/penyimpanan data atau sumber daya jaringan.Nah dari virtualisasi inilah berkembang menjadi Cloud Computing.Cloud computing adalah suatu sistem komputerisasi berbasis jaringan/internet,dimana suatu sumber daya, software, informasi dan aplikasi disediakan untuk digunakan oleh komputer lain yang membutuhkan.
 Selanjutnya adalah apa sih untungnya Cloud computing sama virtualisasi ?.yang jelas sih no system perfect tapi yang kita cari adalah azas manfaat lebih banyak manfaat pa mudharotnya *halah malah khutbah * benang merah-2 .Ehemm ok kita mulai dari mana ini mau untung dulu apa rugi dulu *jiah ni orang mau dgang pa nulis artikel sih * Maaf -2 just streeching ok kita bahas untungnya dulu kalo gitu :
               KEUNTUNGAN VIRTUALISASI & CLOUD COMPUTING
1) Pengurangan Biaya Investasi Hardware.
Investasi hardware dapat ditekan lebih rendah karena virtualisasi hanya mendayagunakan
kapasitas yang sudah ada. Tak perlu ada penambahan perangkat
komputer, server dan pheriperal secara fisik. Kalaupun ada penambahan
kapasitas harddisk dan memori, itu lebih ditujukan untuk mendukung
stabilitas kerja komputer induk, yang jika dihitung secara finansial,
masih jauh lebih hemat dibandingkan investasi hardware baru.Ngirit point pertama  hehhehh.
2) Kemudahan Backup & Recovery. 
Server-server yang dijalankan didalam sebuah mesin virtual dapat disimpan dalam 1 buah image yang berisi seluruh konfigurasi sistem. Jika satu saat server tersebut crash,kita tidak perlu melakukan instalasi dan konfigurasi ulang. Cukup mengambil salinan image yang sudah disimpan, merestore data hasil backup terakhir dan server berjalan seperti sedia kala. Hemat waktu,tenaga dan sumber daya.Jadi nggak nggak usah pusing mikirin konfigurasi awal harwdware dari awal pe ubanan.
3) Kemudahan Deployment. 
Server virtual dapat dikloning sebanyak mungkin dan dapat dijalankan pada mesin lain dengan mengubah sedikit konfigurasi. Mengurangi beban kerja para staff IT dan mempercepat proses implementasi suatu sistem.Ini yang gw suka bisa bikin riset baru tanpa takut mainboard short,hardiisk meleduk,PSU gosong,wajah kita gosong *Jadi curhat hiks*
4) Mengurangi Panas. 
Berkurangnya jumlah perangkat otomatis mengurangi panasnya ruang server/data center. Ini akan berimbas pada pengurangan biaya pendinginan/AC dan pada akhirnya mengurangi biaya penggunaan listrik.Tagihan listrik turun gan.
5) Mengurangi Biaya Space.
Semakin sedikit jumlah server berarti,semakin sedikit pula ruang untuk menyimpan perangkat. Jika server ditempatkan pada suatu co-location server/data center, ini akan berimbas pada pengurangan biaya sewa.Cukup satu server fisik buat webmail,filesharing ,routing,database,da satu kata ringkes .
6) Kemudahan Maintenance & Pengelolaan. 
Jumlah server yang lebih sedikit otomatis akan mengurangi waktu dan biaya untuk mengelola.
Jumlah server yang lebih sedikit juga berarti lebih sedikit jumlah server yang harus ditangani.Hemat waktu satu keyboard,satu mouse,satu monitor,dan tangan nggak peggel mencetin KVM swicth coba bayangin 10 server pake kvm switch *hadeh* pulang-2 pijet ke dukun jempoklnya yang diurut wkwkwkwk Ups.
 7) Standarisasi Hardware. 
Virtualisasi melakukan emulasi dan enkapsulasi hardware sehingga proses pengenalan dan pemindahan suatu spesifikasi hardware tertentu tidak menjadi masalah. Sistem tidak perlu melakukan deteksi ulang hardware sebagaimana instalasi pada sistem/komputer fisik.Y a sudah jelaskan nggak takut ada yang meleduk yang penting ngerawat hostnya rajin.
8) Kemudahan Replacement. 
Proses penggantian dan upgrade spesifikasi server lebih mudah dilakukan. Jika server induk sudah overload dan spesifikasinya tidak mencukupi lagi, kita bisa dengan mudah melakukan upgrade spesifikasi atau memindahkan virtual machine ke server lain yang lebih powerful.konfigurasi hanya pada host dan quest tinggal copy image dan sycron aja.

  Next lanjut------.Sekarang kekurangannya, riskan nggak sih ok kita bahas satu-2 persatu .
                 KERUGIAN PENGGUNAAN VIRTUALISASI
1. Satu Pusat Masalah.  
Virtualisasi bisa dianalogikan dengan menempatkan semua telur didalam 1 keranjang. Ini artinya jika server induk bermasalah, semua sistem virtual machine didalamnya tidak bisa
digunakan. Hal ini bisa diantisipasi dengan menyediakan fasilitas backup secara otomatis dan periodik atau dengan menerapkan prinsip fail over/clustering.BIsa juga mirroring atau ngaca tiap hari *eh *.Jadi host  harus kita perhatikan extra
2. Spesifikasi Hardware. 
Virtualisasi membutuhkan spesifikasi server yang lebih tinggi untuk menjalankan server induk dan mesin virtual didalamnya. yah ini lebih baik dari pada beli sepuluh server spec menengah dengan 1 server spec maknyus dan backupnya.Intinya sih jangkauan biaya perawatan ke depanya kita mikir panjang aja.
3. Satu Pusat Serangan.
Penempatan semua server dalam satu komputer akan menjadikannya sebagai target serangan. Jika hacker mampu menerobos masuk kedalam sistem induk, ada kemungkinan ia
mampu menyusup kedalam server-server virtual dengan cara menggunakan informasi yang ada pada server induk.Sebenarnya ini lah kerugian yang rada bahaya buat admin jaringan soalnya harus up to date masalah isu security host baik hardware maupun software .Richard stalman pernah mangatakan cloud computing akan jadi sumber masalah kalo nantinya di explpoitasi besar-besaran, wedeh ngeri pakdhe stalman.Tapi jangan takut lah kita kan juga belajar masak kalah ma cracker yang jelas nggak ada kata menyerah.This not about the guns but almost man behind the guns *jadi bulepotan dah*.
  Nah udah punya gambaran tentang cloud computing?.Ya sudah saya kan cuma penyambung lidah jadi doakan saja kita dapet berbagi lagi buat kemajuan bersama.Besok kalo ada waktu kita sambung lagi  salam sesat *loh*.


Special thanks buat :
mbah NERO:thanks for pengertian yang mendalam tentang suatu metode,konsep,teknik always in my mind
pakdhe Goder: thanks pisuhannya wkwkwkwk dan juga kuliah di hukumnya wadeh 
cak Palaured: thanks for share alll about windows mudah-2 gajinya naik 100% wow 
kang GESANG:thanks for kuliah IDS OSSIM all about computer security dan nasehatnya kalo saya menyimpang tolong diingatkan lagi ya.
 kang AZIS:thanks buat cemilan bakiak na wkwkwkw nggak ding lain kali ajarin lagi ki ya.
my brother HACKEVIL:thanks telah mengenalkan saya pada virus dan cara mengatasinya kapan ni virus hackevil versi ngariel keluar peace bro.
     Dan yang paling penting  mereka semua yang diatas adalah keluarga wedhus jiah beneran lo ini.
  For mas vavai websitenya keren saya suka sungguh orang yang expert kapan -2 bisa minta kuliah subuh ni hiks.kalo mau berkunjung silakan ke www.vavai.com mongo nggak nyesel dah.
Sekian dulu dah ngantuk bubu dulu ya.





0 comments: